Home / BERITA / GUNUNG SINABUNG BERSTATUS AWAS LEVEL IV
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanis disertai awan panas tampak terlihat dari Desa Kuta Tonggal, Karo, Sumatera Utara,

GUNUNG SINABUNG BERSTATUS AWAS LEVEL IV

TANAH KARO – SUARASIANTAR.COM, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus dengan kolom abu erupsi setinggi tiga kilometer Selasa.15/09/15

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo
Purwo Nugroho lewat layanan pesan singkat mengatakan bahwa Gunung Sinabung tiga kali meletus sejak Selasa pagi tadi.

Erupsi pertama terjadi pukul 05.25 WIB dengan tinggi kolom erupsi 2.500 meter dan memunculkan awan panas dengan guguran sejauh 3.000 meter ke arah timur dan tenggara.

Letusan terjadi lagi pukul 05:36 WIB dengan tinggi kolom 2.000 meter dan awan panas sejauh 3.000 meter ke arah arah timur dan tenggara.

Pukul 08.20 WIB erupsi ketiga terjadi dengan tinggi kolom 3.000 meter dan awan panas sejauh 4.000 meter ke arah timur dan tenggara.

Banyaknya abu vulkanik yang keluar dari erupsi Gunung Sinabung menyebabkan Kabanjahe dan Berastagi terguyur hujan abu.”Letusan ini adalah yang terbesar dalam seminggu terakhir,” katanya.

Sekarang Gunung Sinabung berstatus Awas (level IV) karena mengalami tremor terus menerus terjadi, dan berpotensi menimbulkan erupsi susulan.

Namun BNPB mencatat bahwa tidak ada penambahan pengungsi. Jumlah orang yang mengungsi untuk menghindari dampak letusan gunung berapi itu tercatat 2.572 keluarga atau 9.313 orang. sumber (antaranews.com)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *