Home / BERITA / Halal Bi Halal Jama’ah Masjid Muallifatul Bilad Dirangkai Dengan Acara Tepung Tawar Calon Haji
Masjid Muallifatul Bilad

Halal Bi Halal Jama’ah Masjid Muallifatul Bilad Dirangkai Dengan Acara Tepung Tawar Calon Haji

SUARASIANTAR.COM – Ibadah Ramadhan telah dilalui, Takbir telah dikumandangkan, kini saatnya memperkuat Tali Silaturahmi  dengan saling maaf memaafkan. Tepatnya Hari Raya Idhul Fitri 1437 H, Minggu 31/07/16, dI Masjid Muallifatul Bilad Jalan seia Negara I Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari. mengadakan Halal Bi Halal sekaligus menepung tawari calon Haji kelak menuju ketanah suci.

Halal Bi Halal merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang dilakukan sesudah hari lebaran baik di kalangan instansi pemerintah, perusahaan, Jama’ah dan dunia pendidikan, begitu juga yang diadakan oleh kenaziran Masjid. Kegiatan ini tentu saja menjadi tradisi tahunan yang tetap dipertahankan serta dilestarikan. Sebab ini Salah satu ajaran Islam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan, dan saling berbagi kasih pasca lebaran. Dalam kenyataannya, perjalanan hidup manusia tidak luput dari dosa. Apalagi dosa dari  kesalahan terhadap sesamanya, seperti iri hati, permusuhan dan saling menyakiti. Melalui Halai bihalal ini, seluruh Jema’ah melebur menjadi satu, merendah dan saling memaafkan setiap salah dan khilaf yang pernah ada.

Ketua Nazir H.Pidin Mudiana dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada panitia Halal Bi Halal atas terlaksananya acara ini begitu juga ucapan terima kasih ditujuhkan kepada seluruh Jema.ah beserta calon haji yang hadir dan dalam kesempatan ini Pidin menyampaikan permohonan maafnya kepada warga dan seluruh Jema’ah yang hadir agar sudi kiranya memaafkan kalau ada khilaf dan salah yang sengaja maupun tidak sengaja selama kepemimpinnya, dan Pidin juga menerangkan bahwa tahun ini berakhirlah masa kepemimpinannya sebagai Ketua Nazir di Masjid Muallifatul Bilad oleh sebab itu dengan berakhirnya masa jabatannya mudah-mudahan para jama’ah mau memaafkan atas  kekurangannya selama menjadi ketua nazir.

Salah satu calon Haji Suheri Hasibuhan sekaligus mewakili delapan calon haji dalam sambutannya Suheri mengucapkan terima kasih kepada pengurus kenaziran dan seluruh jama’ah yang mana pada hari ini, kami calon Haji akan ditepung tawari serta diberikan do’a selamat, tentunya rangkain acara Halal Bi Halal ini membuat kami menjadi terharu atas perhatiannya. Suheri berharap sepeninggalnya kami dari sini mohon kiranya kesalahan kami dapat dimaafkan agar nantinya kami dapat terlepas dari beban pikiran disaat kami melaksanakan Rukun Islam ke lima Dan Suheri berpesan kepada seluruh Jama’ah khususnya saudaraku dan tetanggaku “ Kami titipkanlah anak-anak kami agar nantinya anak-anak kami dapat terarah,” Pesan Suheri penuh harap.

Amatan suarasiantar.com masih dengan suasana Hari Raya Idul Fitri tampak seluruh jama’ah Masjid Muallifatul Bilad yang hadir di mulai dari anak-anak hingga lansia terlihat sangat ceriah ditambah lagi aura wajah delapan calon haji dan Haja yang sebentar lagi akan meninggal sanak saudaranya dan kampung halamannya menuju ketanah sucih. Setelah usai acara kata sambutan langsung dilakukan acara tepung tawar kepada delapan calon Haji yang berangkat tahun ini, dilanjutkan dengan pengisian ceramah seputar halal bi halal oleh Al Ustad sekaligus ditutup dengan Do’a Bersama lanjut dengan bersalam-salaman oleh seluruh Jama’ah yang hadir dan diakhiri  dengan makan siang bersama setelah melakukan sholat dzhuhur berjama’ah. (ryz)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *