Home / BERITA / Nobar Film G30S/PKI Dibanjiri Ribuan Warga Siantar
Ribuan warga nonton bareng saat berlangsungnya pemutaran Film Sejarah G30SPKI di lapangan Haji adam Malik Siantar..
Ribuan warga nonton bareng saat berlangsungnya pemutaran Film Sejarah G30SPKI di lapangan Haji adam Malik Siantar..

Nobar Film G30S/PKI Dibanjiri Ribuan Warga Siantar

SUARASIANTAR.COM – Patut diancung jempol melihat antusiasnya ribuan masyarakat Pematangsiantar  berbondong bondong datang kelapangan Haji Adam Malik hanya untuk nonton bareng (Nobar) film Sejarah Penghianatan G30S/PKI Sabtu malam (23/9) yang di gelar Danrem 022 Pantai Timur atas perintah Panglima TNI Jenderal Jenderal Gatot Nurmantyo.
Antusias warga siantar sekisar ribuan nonton bareng Film G30S/PKI di lapangan Haji adam Malik Siantar.
Antusias warga siantar sekisar ribuan nonton bareng Film G30S/PKI di lapangan Haji adam Malik Siantar.
Danrem 022 Pantai Timur Kolonel Arm Khairul Hadi SE. di hadapan ribuan masyarakat yang datang memadati lapangan dalam sambutannya Kolonel Khairul mengatakan, tujuan dari pemutaran film sejarah G30S/PKI untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang sejarah pengianatan atas kekejaman Gerakan 30 September yang dilakukan oleh partai terlarang yakni Partai Komunis Indonesia (PKI),  tentunya pemutaran film tersebut merupakan keuntungan bagi seluruh bangsa Indonesia.
“Melihat pengalaman sejarah PKI di tahun 1948 hingga1965, para generasi muda kita hanya mengetahui bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) tidak diperbolehkan lagi berdiri di negara Indonesia yang kita cintai ini. Jika PKI masih berkeliaran dinegara kita ini, maka belum tentun rumah ibadah seperti Masjid, Gereja, Kuil, klenteng serta rumah ibadah lainnya dapat berdiri kokoh seperti sekarang ini, Karena komunis itu sama sekali tidak pernah memiliki paham adanya agama” ucap Danrem mengingatkan
Ribuan warga nonton bareng Film Sejarah G30SPKI di lapangan Haji adam Malik Siantar
Ribuan warga nonton bareng Film Sejarah G30SPKI di lapangan Haji adam Malik Siantar
Selain itu bertujuan agar rasa cinta tanah air terhadap sejarah perjuangan pahlawan bangsa dapat didalami lagi sesuai ideologi pancasila sebagai dasar negara dan mengingat saat pemberhentian pemutaran film G30S/PKI, banyak masyarakat kita yang kecewa, khususnya kepada generasi muda yang tidak mengetahui secara detail sejarah tersebut.“Kenapa saya sampaikan demikian? Karena bangsa Indonesia mengalami sejarah yang kelam. Sejarah yang memilukan buat kita semua dan itu harus bersama sama kita waspadai,” tegasnya diakhir sambutan.
Acara ini juga terlaksana berkat kerjasama Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI/POLRI (FKPPI) 0216  Kota Pematangsiantar dan Pemuda Panca Marga (PPM) Kota Pematangsiantar serta berbagai elemen organisasi kemasyarakatan lainnya yang ada di Pematangsiantar. saat pemutaran film Sejarah G30S/PKI yang sudah berlangsung satu jam lebih ,masih terlihat masyarakat  yang datang untuk menyaksikan film tersebut  dan semangkin membludak hingga membanjiri lapangan Haji Adam Malik begitupun warga tidak segan-segan duduk sembarangan walau tanpa beralaskan tikar.
Kenderaan bemotor juga ikut memadati parkiran di lokasi nobar
Kenderaan bemotor juga ikut memadati parkiran di lokasi nobar
Menurut Wakil Ketua FKPPI Kota Siantar Andreas Sitepu saat di tengah kerumunan warga yang memadati lapangan haji Adam Malik, Andreas mengatakan “ dengan di putarnya kembali film Sejarah G30S/PKI, diharapkan kepada seluruh generasi muda se-Indonesia semakin bertambah nilai patrionalismenya dalam memahami arti sejarah perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur di medan juang, untuk itu marilah kita bersama-sama bergandeng tangan untuk menjaga keutuhan NKRI,” ajak Andreas semangat.
Pemutaran film sejarah G30S/PKI di lapangan Haji adam Malik juga dihadiri Ketua MUI Kota Siantar Al Ustad H. M.Ali Lubis, Dandim 0207/Simalungun Letkol Infanteri Oni Kristoyono Gendong, Ketua FKPPI 0216 Kota Siantar di wakili oleh wakil Ketua Andreas Sitepu beserta pengurus, Gerakan Mahasaiwa Pelajar (GMP) FKPPI dan seluruh Ketua Rayon FKPPI sejajaran Kota Siantar juga dihadiri Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Maringan Nababan dan Ikatan Pemuda Karya (IPK) serta Mahasiswa, Pelajar, Pramuka dan lainnya. (ryz)

0

User Rating: Be the first one !

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *