Home / KESEHATAN / Perkenalkan, Burung Setengah Jantan Setengah Betina

Perkenalkan, Burung Setengah Jantan Setengah Betina

bu

Jakarta | Burung jantan ada, burung betina pun ada. Tapi kalau burung setengah jantan dan setengah betina? Itulah yang ditemukan di Rock Island, Illinois, Amerika Serikat.

Hewan yang memiliki karakteristik jantan dan betina dikenal dengan istilah gynandromorph. Biasanya ditemukan di antara kupu-kupu, serangga, dan crustacea, seperti beberapa jenis kepiting dan lobster.

Nah untuk burung di Rock Island itu, ditemukan dengan karakteristik yang berbeda antara tubuh sebelah kiri dan tubuh sebelah kanannya. Ciri betina ada di sisi kiri dan ciri jantan di sebelah kanan.

Sudah lama ilmuwan tahu bahwa gynandromorph juga ditemukan di antara burung. Tapi tak banyak yang terlihat di alam liar.

Ketika ilmuwan berhasil mendeteksi keberadaan burung gynandromorph itu di Rock Island, mereka pun menguntitnya selama 40 hari, antara Desember 2008 sampai Maret 2010.

Hasilnya, para ilmuwan mendapati fakta-fakta menarik. Burung gynandromorph dari spesies Cardinalis cardinalis itu ternyata tak pernah punya pasangan dan tak pernah terdengar suaranya mencuit atau menyanyi.

Penelitian yang diterbitkan di The Wilson Journal of Ornithology edisi Desember 2014 itu juga menyebutkan, meski penampilannya berbeda dengan Cardinalis lain, si burung jantan-betina itu ternyata tak mendapat perlakuan diskriminatif dari burung-burung lain.
(cnn)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *