Home / RESENSI BUKU / Tahun 2015 Kecamatan Hutabayu Raja Dapat Dana 10,5 M Untuk Jalan

Tahun 2015 Kecamatan Hutabayu Raja Dapat Dana 10,5 M Untuk Jalan

Bupati berikan bantuan kursi roda kepada masyarakat penyandang cacat disamsikan ketua panitia dan kasid sosial

SIMALUNGUN -Tahun 2015 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun mengalokasikan anggaran sekitar Rp 10,5 miliar di Kecamatan Hutabayu Raja, khusus untuk penanganan infrastruktur jalan di wilayah kecamatan itu.

Hal itu disampaikan Bupati Simalungun JR Saragih dalam acara perayaan Natal Bersama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Simalungun yang dipusatkan di halaman gereja HKBP Bahal Batu, Kecamatan Hutabayu, Senin (15/12/2014).

Kesempatan itu, Bupati JR Saragih menyampaikan apresiasi kepada masyarakat sekitar 6000-an dari 11 kecamatan yang menghadiri perayaan itu. “Ini hari-hari bersejarah bagi Kabupaten Simalungun, karena masyarakat dapat berkumpul di acara perayaan Natal di Hubayu Raja dengan penuh suka cita,” katanya.

\Dikatakan, insfrastruktur di Kabupaten Simalungun hampir semua mengalami kerusakan. Oleh karenanya di tahun 2015 Pemkab Simalungun telah mengalokasikan anggaran untuk perbaikan jalan. Selain di Kecamatan Hutabayu Raja, Kecamatan Hatonduhan juga mendapat alokasi dana untuk jalan sebesar Rp. 1,5 miliar,  Jawa Maraja Bah Jambi Rp. 1 miliar, Tanah Jawa Rp. 3 miliar, Gunung Malela Rp. 3 miliar, Bandar Huluan Rp. 2 miliar, Bandar Masilam Rp. 1,5 miliar, Bandar Rp. 4,5 miliar, Ujung Padang Rp. 1 miliar, Bosar Maligas Rp. 5 miliar, Pamatang Bandar Rp. 4,5 miliar.

“Dana yang kita alokasikan ini untuk infrastruktur jalan di kecamatan pada tahun 2015. Oleh karena itu kepada orang-orang tua saya, untuk pembangunan jalan di Kabupaten Simalungun ini mulai jalan desa sampai jalan-jalan protokol termasuk jembatan ada sekitar Rp. 108 miliar di tahun 2015,” papar Bupati JR Saragih.

Di samping itu, bupati juga menyampaikan program kerja Pemkab Simalungun yang akan dilaksanakan pada tahun 2015 mendatang, antara lain mengenai peningkatan pendapatan bagi para pangulu dan perangkatnya, meningkatkan gaji tenaga honor termasuk guru-guru honor, kesejahteraan para PNS.

“Guru merupakan garam dan terang bagi anak-anak didiknya. Tanpa guru kita tidak bisa maju. Demikian juga PNS maupun aparatur penyelenggara pemerintahan  diharapkan dapat meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pangabdian yang tulus akan membawa berkah bagi keluarga,” ungkapnya.

Kepada para camat, JR menyampaikan bahwa Mendagri telah mengapresiasi pelayanan kantor pemerintahan 24 jam dengan memberikan anugerah Kepala Daerah Inovatif Tahun 2014 kepada dirinya (Bupati), Sehingga penghargaan yang diberikan diharapkan bukan sekedar pajangan namun harus sesuai dengan faktanya.

“Camat yang tidak mampu mengoptimalkan pelayanan pemerintah 24 jam akan saya berikan tindakan tegas. Apa yang saya lakukan semata-mata untuk kepentingan masyarakat, apalagi Menteri Dalam Negeri sudah memberikan penghargaan atas pelayanan pemerintah kepada masyarakat Simalungun,” tandas bupati.

Sebelumnya, tokoh masyarakat Kecamatan Hutabayu Raja, H Saragih mengapresiasi pelaksanaan natal yang digagasi Bupati Simalungun bersama masyarakat di kecamatan-kecamatan. Kepada Bupati Simalungun, Saragih berharap supaya pemerintah daerah memperhatikan kerusakan jalan di wilayah Kecamatan Hutabayu Raja,yang selama ini telah memberikan kontribusi untuk mensukseskan program ketahanan pangan di Simalungun. “Kami masyarakat Kecamatan Hutabayu Raja,sangat mengharapkan perhatian Bupati Simalungun untuk perbaikan jalan terutama di sentra-sentra produksi pertanian,” tandas Saragih.

Perayaan natal bersama tersebut diawali dengan pelaksanaan ibadah natal yann ditandai dengan penyalahan lilin natal oleh Bupati, Ketua DPRD Drs Johalim Purba, pendeta pengkhotbah Pdt Langsung Sitorus MTh (Ephorus HKI), tokoh masyarakat yang disaksikan oleh Ketua Panitia Drs Marolop Silalahi MSi.

Sebagaimana perayaan natal bersama sebelumnya yakni di Tiga Runggu dan Tiga Dolok, pada perayaan natal di Bahal Batu ini bupati juga memberikan bingkisan kepada setiap yang hadir, serta memberikan bantuan kepada penyandang cacat fisik berupa kursi roda, pemberian kunci rumah kepada masyarakat dari hasil program bedah rumah, pemberian akte lahir, akte kawin, BSM dan pemberian penghasilan tambahan bagi guru PAUD berprestasi.

Dalam khotbahnya, Pdt Langsung Sitorus MTh antara lain mengajak jemaat Kristiani untuk merayakan natal dengan penuh suka cita dan meningkatkan kesabaran. Karena orang yang sabar akan mampu memperbaiki dirinya.

Kesempatan itu, Ketua DPRD Simalungun, Drs Johalim Purba dalam sambutannya antara lain mengatakan, melalui perayaan natal ini diharapkan,masyarakat dapat menerima santapan rohani guna memperbaiki sendi-sendi kehidupan sehingga mendapatkan kasih dalam mengarungi kehidupan di masa yang akan datang serta dapat meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan atas karunia yang telah diberikan.

Perayaan natal bersama itu sendiri mengangkat tema yang diambil dari kitab Roma 12:12 yakni ”Bersukacitalah dalam pengharapan, sabar dalam kesesakan dan bertekunlah dalam doa”. Sedangankan sub tema adalah “Dengan perayaan Natal ini diharapkan supaya kita tetap bersabar dan bersama-sama dalam melanjutkan pembangunan Kabupaten Simalungun yang makmur perekonomian, adil, nyaman, taqwa, aman dan berbudaya (Mantab)”.

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *